-->

Cagar Budaya Pugung Raharjo Tempat Wisata Situs Bersejarah di Lampung

- April 05, 2018

taman purbakala pugung raharjo di lampung timur
(situs taman purbakala pugung raharjo yang terletak di desa pugung raharjo, kecamatan sekampung udik kabupaten lampung timur)
Seperti apa yang telah disampaikan oleh presiden pertama republik Indonesia Ir. Soekarno,  beliau mengatakan jangan sekali-kali melupakan sejarah (jasmerah) untuk itulah kali ini kita akan membahas wisata sejarah yang berada di lampung timur. Daerah lampung timur memang banyak menyimpan peninggalan-peninggalan sejarah pada peradaban zaman prasejarah. Salah satu peninggalan sejarah yang dijadikan cagar budaya berada di lampung timur. Taman purbakala pugung raharjo, taman ini merupakan situs cagar budaya peninggalan jaman megalitikum atau jaman batu, yang terletak di desa pugung raharjo, Kecamatan sekampung udik, kabupaten lampung timur.
Arca di taman purbakala Pugung raharjo
(Arca di taman purbakala Pugung raharjo)
artefak di taman purbakala Pugung raharjo
(artefak di taman purbakala Pugung raharjo)
Taman wisata purbakala pugung raharjo merupakan peninggalan jaman prasejarah yang terdiri dari 2 jenis tradisi kebudayaan peninggalan yaitu yang pertama, kebudayaan zaman prasejarah yang belum mengenal tulisan (megalitik), dimana dilokasi taman wisata purbakala pugung raharjo terdapat banyak alat-alat yang terbuat datu batu-batuan dan yang kedua, zaman dimana sudah mengenal kebudayaan-kebudayaan atau zaman Hindu-Budha (klasik), dimana banyak ditemukan arca-arca disana. 
lokasi ke taman purbakala Pugung raharjo
(lokasi ke taman purbakala Pugung raharjo)
Taman wisata purbakala pugung raharjo terletak di desa pugung raharjo Kecamatan sekampung udik, kabupaten lampung timur, dengan luas wilayahnya sekitar 30 Ha dengan 24 Ha masih dimiliki oleh warga setempat, dan 6 Ha sudah di bebaskan. Perjalanan menuju taman Purbakala Pugung raharjo ini cukup dekat dari kota Bandar lampung,  jarak yang anda tempuh dari bandara radin intan ke lokasi taman adalah 64,8 Km atau dengan waktu sekitar 1 jam 47 menit.
rumah informasi taman purbakala Pugung raharjo
(rumah informasi taman purbakala Pugung raharjo)
petujuk di dalam area taman purbakala Pugung raharjo
(petujuk di dalam area taman purbakala Pugung raharjojo)
Sebelum anda masuk ke dalam situs cagar budaya taman purbakala pugung raharjo, ada baiknya anda terlebih dahulu berkunjung ke rumah informasi untuk mendapatkan beberapa informasi terkait apa saja yang anda persiapkan dan bagaimana letak serta denah lokasi taman purbakala pugung raharjo. Selain itu, di dalam rumah informasi juga terdapat beberapa artefak serta arca yang telah diamankan untuk cagar budaya.

Sedangkan untuk arca-arca atau situs-situs yang berada di halaman-halaman ada beberapa peninggalan-peninggalan lainnya, antara lain:
kolam megalitk taman purbakala Pugung raharjo
(kolam megalitk taman purbakala Pugung raharjo)
kolam megalitk taman purbakala Pugung raharjo
kolam megalitk taman purbakala Pugung raharjo
(kolam megalitk taman purbakala Pugung raharjo)
kolam megalitik atau sering disebut dengan kolam petuah, dimana di dalam kola mini dipelihara ikan-kan kecil yang dapat dugunakan untuk refleksi kaki anda.

Punden berundak (terdiri dari beberapa tingkatan dari satu sampai dengan tiga tingkatan yang terbentuk sekitar 2.500 SBM.
situs batu mayat di taman purbakala Pugung raharjo
(situs batu mayat di taman purbakala Pugung raharjo)
situs batu mayat (terdapat batu berdiri dengan posisi persegi yang berbentuk seperti lingga yang melambangkan kesuburan. Menurut cerita, dahulu batu mayat ini digunakan sebagai tempat pemujaan untuk kesuburan). 

Benteng parit  adalah sebuah gungukan besar yang menglilingi situs purbakala tersebut dengan siring di dalamnya seperti tempat perlindungan.

Tips untuk anda yang datang kelokasi taman purbakala pugung raharjo ini, sebaiknya mempersiapkan makanan dan minuman dari luar lokasi wisata. Karena tidak ada penjual makanan dan minuman di dalam lokasi taman purbakala pugung raharjo ini. Semoga Liburan Anda menyenangkan dan berkesan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search